Lulusan program studi Magister Ilmu Pemerintahan memiliki himpunan alumni. Jenis partisipasi (sumbangan dana, fasilitas, masukan untuk perbaikan proses pembelajaran, pengembangan jejaring) dan hasil kegiatan dari himpunan alumni untuk kemajuan program studi.

Program Magister Ilmu Pemerintahan (MIP) pertama kali meluluskan wisudawan-wisudawati pada semester genap tahun 2010/2011 sebanyak 6 orang lulusan. Selanjutnya pada semester ganjil tahun 2011/2012 sebanyak 27 orang lulusan. Baru pada semester ganjil 2011/2012 ini dibentuk ikatan alumni Magister Ilmu Pemerintahan (MIP) yang dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2012 dengan acara ramah tamah dan pembentukan ikatan alumni bertempat di Kampus FISIP Unlam. Dalam acara ini dihadiri oleh seluruh lulusan Magister Ilmu Pemerintahan (MIP), para dosen Magister Ilmu Pemerintahan, dan Pimpinan tingkat Fakultas.

Semester genap tahun akademik 2011/2012 meluluskan alumni sebanyak 30 orang. Pada lulusan ini juga dibentuk ikatan alumni. Pembentukan ikatan alumni dilaksanakan pada saat malam ramah tamah. Selanjutnya pada tahun akademik 2012/2013 juga meluluskan alumni, yaitu semester ganjil meluluskan 36 orang, dan semester genap meluluskan 19 orang. Ikatan alumni ini tergabung dalam keluarga besar Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat.

Partisipasi alumni dalam mendukung kegiatan pengembangan non akademik Program Magister Ilmu Pemerintahan (MIP) antara lain dalam bentuk sumbangan dana untuk berbagai kegiatan Temu Alumni pada saat yudisium/pelepasan sarjana di tingkat fakultas, malam keakraban, saat penerimaan mahasiswa baru, pertemuan tahunan alumni (IKA FISIP Unlam), dan kegiatan-kegiatan lainnya yang dilaksanakan oleh Program Magister Ilmu Pemerintahan (MIP).

Sedangkan dukungan lain dari alumni, yang sebagian besar merupakan aparatur pemerintah daerah setempat adalah memfasilitasi dan bantuan konsumsi pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen Program Magister Ilmu Pemerintahan (MIP). selain itu bentuk sumbangan dari alumni adalah memberikan bantuan benda berupa jam dinding bagi ruang perkuliahan pada Program Magister Ilmu Pemerintahan (MIP)

 

IMG_5033