Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah dan sinergisitas antar mata kuliah dalam suatu matrik serta blok (penggolongan) mata kuliah berdasarkan gugus mata kuliah: Pengembangan Kepribadian; Keilmuan dan Keterampilan; Keahlian Berkarya; Perilaku Berkarya; Berkehidupan Bermasyarakat. Dan juga dikelompokkan dalam kriteria kelompok : mata kuliah wajib; mata kuliah inti; KL dan KP yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Kurikulum Program Studi dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Screenshot

 

Sistem pembelajaran dibangun berdasarkan perencanaan yang relevan dengan tujuan, ranah belajar dan hierarkinya.  Dilaksanakan menggunakan berbagai strategi dan teknik yang menantang, mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis bereksplorasi, berkreasi dan bereksperimen dengan memanfaatkan aneka sumber.

Pelaksanaan pembelajaran memiliki mekanisme untuk memonitor, mengkaji, dan memperbaiki secara periodik kegiatan perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa), penyusunan materi perkuliahan, serta penilaian hasil belajar.

Pada Program Magister Ilmu Pemerintahan sistem pembelajarannya dibangun berdasarkan perencanaan dengan mengacu pada kurikulum yang telah ditetapkan dimana setiap dosen dalam proses belajar mengajar diwajibkan untuk menyusun GBPP dan SAP.

Teknik-teknik proses belajar mengajar diserahkan kepada dosen pengampu mata kuliah masing-masing dengan berbagai ragam variasi teknik proses belajar mengajar yang bersandar pada pendekatan belajar orang dewasa. Teknik-teknik tersebut termuat di dalam GBPP dan SAP masing-masing mata kuliah. Tujuan dari teknik-teknik tersebut diupayakan untuk membangkitkan yang menantang, mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis bereksplorasi, berkreasi dan bereksperimen dengan memanfaatkan aneka sumber.