Untuk mengawali penyelenggaraan Program Magister Ilmu Pemerintahan (MIP) disadari bahwa perlu adanya arah pengembangan dan tujuan organisasi yang tertuang dalam bentuk tulisan agar lebih jelas dan transparan dalam mengarahkan Prodi MIP kedepan.

Penyusunan Visi dan Misi Program Magister Ilmu Pemerintahan (MIP) diawali dengan pelaksanaan seminar dan lokakarya Pengembangan Kurikulum Program Magister Pemerintahan (MIP) yang dilaksanakan pada tanggal 26 – 27 Juni 2010. Pelaksanaan seminar dan lokakarya pengembangan kurikulum tersebut menghadirkan pembicara: (1) Prof. Purwo Santoso, Ph.D dari Universitas Gadjah Mada Program Studi Politik dan Pemerintahan, (2) Dr. Suratno dari Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, dan (3) Dr. H. Muhammad Safi’i, M.Si (dosen Magister Ilmu Pemerintahan/Bupati Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan).

Penyusunan visi dan misi ini merupakan tindak lanjut dari hasil seminar pengembangan kurikulum dalam bentuk lokakarya dengan melibatkan berbagai unsur yaitu: civitas akademika FISIP Unlam, alumni, dan mahasiswa serta kalangan birokrat pemerintah daerah dan pengusaha (stakeholder). Disamping itu, proses penyusunan visi dan misi Program Magister Pemerintahan (MIP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat mengacu pada  visi dan misi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lambung Mangkurat yang diawali dengan upaya untuk menyesuaikan antara kinerja program studi dengan tuntutan dan harapan dari pengguna jasa layanan pendidikan tinggi, baik dari kalangan pemerintah daerah maupun kalangan swasta/bisnis yang memakai para lulusan dari Program Magister Ilmu Pemerintahan.

Visi yang dimiliki oleh Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan (MIP) yang disusun oleh Tim Perumus Penyusunan Visi, Misi dan Pengembangan Kurikulum MIP yang ditunjuk berdasarkan SK Dekan FISIP Unlam No. 33/H8.1.13/OT/2010 Tanggal 13 Juli 2010, dengan susunan anggota Tim, terdiri dari: Pengelola Program, sejumlah staf pengajar yang berasal dari Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan dan Magister Ilmu Pemerintahan (MIP), serta yang mewakili undangan stakeholders dari unsur pemerintah daerah.

Kegiatan seminar dan lokakarya tersebut telah menghasilkan visi misi dan kurikulum yang sekarang sedang diterapkan pada program Magister Ilmu Pemerintahan (MIP). Melalui Visi Misi dan Kurikulum diharapkan akan mampu menyelenggarakan kegiatan pendidikan pengajaran yang berkualitas dan menghasilkan para lulusan yang memiliki kemampuan dan kualitas terbaik dan mampu bersaing dengan lulusan lain.

Tujuan Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan (MIP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat, adalah:

  1. Membekali peserta didik dan lulusannya dengan kompetensi utama yaitu dengan menekankan pada kemampuan meneliti, mendiagnosa dan menganalisis isu-isu publik, politik-pemerintahan dan pembangunan dalam tata kelola pemerintahan yang relevan dengan profesinya masing-masing;
  2. Membekali peserta dan lulusannya dengan kompetensi unggulkan yaitu dengan menekankan pada kemampuan mengaplikasikan teori/konsep politik dan pemerintahan dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah dan pembangunan;
  3. Membekali peserta dan lulusannya dengan kompetensi lainnya yaitu dengan menumbuhkan etika dan moral dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah dan pembangunan.

Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan menetapkan sasaran yang meliputi, sebagai berikut :

  1. Membangun kompetensi yang meliputi kompetensi utama, unggulan dan kompetensi lainnya;
  2. Membangun kompetensi utama yang merupakan kompetensi yang menekankan pada kemampuan meneliti, mendiagnosa dan menganalisis isu-isu publik, politik pemerintahan dan pembangunan dalam tata kelola pemerintahan;
  3. Membangun kompetensi unggulan dengan menekankan pada kemampuan mengaplikasikan teori/konsep politik dan pemerintahan dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah dan pembangunan;
  4. Kompetensi lainnya menekankan pada tumbuhnya etika dan moral dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah dan pembangunan.